HUBUNGAN ILMU SOSIAL DASAR DENGAN TEKNIK INFORMATIKA

HUBUNGAN ILMU SOSIAL DASAR DENGAN TEKNIK INFORMATIKA

Mungkin sekarang ini banyak kalangan masyarakat atau kalangan mahasiswa/mahasiswi yang beranggapan bahwa ISD(Ilmu Sosial Dasar) itu kurang penting karena mereka beranggapan yang lebih penting adalah kemampuan yang kita miliki “(skill)”, karena ilmu sosial dasar pada dasarnya dimiliki oleh masing – masing orang, Contoh nya pada sekarang ini ternyata masih banyak tenaga ahli yang memiliki keahlian khusus dan mendalam, tetapi wawasannya sempit. Padahal pola pikir dan adanya komunikasi sangat diperlukan dalam memecahkan berbagai masalah. Tujuan diberikannya mata kuliah ilmu sosial dasar sendiri adalah semata-mata sebagai salah satu usaha yang diharapkan dapat memberikan bekal kepada mahasiswa/i untuk dapat peduli terhadap masalah – masalah sosial yang terjadi dilingkungan dan dapat memecahkan permasalahan yang ada dengan menggunakan pendekatan ilmu sosial dasar. Lalu apakah kita memerlukan ilmu sosial dasar? Apa hubungannya ilmu sosial dasar dengan teknik informatika?

            Ilmu sosial dasar sangatlah dibutuhkan bagi semua orang terutama bagi kita kalangan mahasiswa/mahasiswi, karena bagi mahasiswa/i ilmu sosial dasar memiliki peranan penting, contohnya adalah untuk bisa menumbuhkan kepekaan mahasiswa terhadap masalah-masalah dan kenyataan-kenyataan sosial yang timbul di dalam masayrakat. Hubungan Ilmu Sosial Dasar dengan Teknik Informatika itu sendiri contohnya pada saat seorang mahasiswa/i ingin membuat suatu aplikasi berbasis java tentunya mahasiswa/i tersebut membutuhkan bantuan dari orang lain, misalnya seperti apa sih java itu, bagaimana membuat aplikasi tersebut, lalu aplikasi seperti apa yang saat ini sedang mejadi topik pembicaraan? Pada contoh tersebut maka nantinya akan terjadi sebuah interaksi sosial antara satu orang dengan orang lainnya.

            Dari contoh diatas, maka kesimpulan yang bisa saya dapatkan bahwa jika seseorang tidak memiliki ilmu sosial dasar maka orang itu akan sulit untuk berinteraksi dengan orang lain. Dalam Teknik Informatika sendiri akan sulit jika kita tidak mempunyai ilmu sosial dasar karena Teknik Informatika menuntut kita untuk bisa berinteraksi dengan orang lain, dan interaksi sosial sangatlah diperlukkan bagi seorang mahasiswa/i di jurusan ini. Manusia tentunya membutuhkan bantuan dari orang lain karena manusia tidak bisa hidup tanpa adanya bantuan dari orang lain, sebagai makhluk sosial sudah seharusnya kita membantu oranglain yang sedang kesusahan dan bisa meringankan beban yang sedang dipikul oleh orang tersebut.

Sumber : http://trypurwanto.blogspot.com/2011/11/hubungan-ilmu-sosial-dasar-dengan.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s